.

- HOMEPOPULER ADMIN

Luas Dan Jumlah Planet Di Langit

JUMLAH PLANET - Malam ini saya meluangkan sedikit waktu untuk keluar rumah yang tepatnya di halaman depan rumah saya dan bersandar di batu besar, sambil melihat ke arah atas ku kihat langit yang cerah terdapat bintang yang sangat banyak berkelip-kelip. sejenak terfikir di benak ku, seberapa banyak bintang di langit itu ? lalu berapa luas langit itu ?

Ketika belajar di sekolah, umumnya diberikan pelajaran sederhana tentang astronomi. Murid hanya mengetahui gambar seperti dibawah ini.

Ada planet kecil, besar, asteroid, komet dan sabuk asteroid Kuiper. Planet dibagi menjadi planet berbatu dan planet gas, atau planet kecil yang jauh seperti Pluto. Terakhir banyak ditemukan  bahwa planet dibawah ini memiliki bulan. Tidak hanya satu bulan, tapi beberapa bulan mengelilingi planet di tata surya kita. Hanya di tata surya kita dari matahari sampai ke Pluto, itulah tata surya.

25berapa-banyak-planet-di-alam-semesta1.

Tapi pengetahuan itu sebagai pelajaran 30 tahun lalu. Sejak perkembangan pengetahuan dan teknologi semakin maju. Ditambah teknologi teleskop ruang angkasa dan teleskop bumi. Alam semesta semakin terlihat lebih jauh. Teknologi sebelumnya, manusia hanya mengandalkan teleskop dengan kaca. Sekarang melihat planet mengunakan cahaya infra merah. teleskop X-Ray bahkan dengan teleskop radio.
Galaksi yang dilihat semakin jauh, bintang di samping kita bisa terlihat lebih jelas.

Dari pelajaran sekolah, semua planet pada gambar diatas hanya benda yang ada di dekat kita atau yang mengitari matahari. Dalam 10 tahun terakhir para ilmuwan memperkirakan ada 2-4 ratus milliar jumlah bintang di galaksi Bima Sakti. Itu hanya perkiraan di galaksi kita sendiri , belum termasuk galaksi Andromedia yang ada disebelah galaksi, belum galaksi lain yang jutaan tahun cahaya dan galaksi lain yang jaraknya miliaran tahun cahaya.

Jumlah 2-4 miliar bintang adalah angka rata rata bintang dari sebuah galaksi saja. Tentu kita bertanya mengapa begitu banyak, lihat saja diatas langit. Setiap titik cahaya pada gambar dibawah ini adalah cahaya bintang, setiap bintang diperkirakan memiliki beberapa planet planet lain yang mengorbit bintang.

25berapa-banyak-planet-di-alam-semesta2.

Seberapa besar ukuran bintang bintang itu. Ada yang lebih kecil dari matahari, atau sama, atau lebih besar. Tapi ada yang sangat besar sekali. Dalam dunia astronomi, bintang dibagi menjadi 7 kategori dan ukuran berbeda.

Matahari memiliki ukuran G Class dengan cahaya kuning, ukurannya relatif kecil. Semakin besar bintang, cahayanya akan cenderung ke warna putih dan terbesar akan terlihat berwarna biru.
Bintang yang kecil akan cenderung berwarna dari kuning, lalu turun lebih kecil lagi dengan warna merah, dan paling kecil ukurannya akan berwarna coklat


25berapa-banyak-planet-di-alam-semesta3.

Ukuran bintang nan jauh disana berbeda beda. Melihat bintang pada malam hari akan terlihat kecil di bumi. Tetapi ukuran di tempatnya akan berbeda sama sekali. Ukuran bintang bisa  amat sangat besar. Misalnya Proxima Centauri seandainya di teropong dengan teleskop kelas menengah. Mungkin cahayanya tidak terlalu terang karena jaraknya 4,2 tahun cahaya. Bintang Proxima adalah bintang yang dekat dengan kita tapi cahayanya lemah terlihat disini. Tetapi ukurannya sedikit lebih besar dari matahari.

25berapa-banyak-planet-di-alam-semesta4.

Cahaya bintang relatif banyak berwarna merah, mencapai 95% dari populasi bintang di galaksi Bima Sakti. Jadi memang banyak bintang kecil di sekitar Matahari, terkadang mereka bergandengan antara 2-3-4 bintang atau dikenal dengan multi bintang atau bintang Biner atau Trinaries Star sampai group Star. Tapi bintang kelas biner memang jarang ditemukan.

25berapa-banyak-planet-di-alam-semesta5.

Contoh tata surya Polaris, memiliki 3 bintang berbeda. Satu bintang sangat besar dan 2 lainnya lebih kecil

25berapa-banyak-planet-di-alam-semesta14

Selanjutnya perkiraan jenis planet dan jumlah semua planet di alam semesta.

10 Responses to "Luas Dan Jumlah Planet Di Langit"

  1. Pertamax.. Saya baru tahu jumlah luas planet.. Bermanfaat sob.. :grin:

    BalasHapus
  2. @Erwin Permadi,
    okk sob

    BalasHapus
  3. subhanallah...

    maha luas alam ini. apalah artinya kita bagai setitik ion dilautan...

    bdw bintang saya gemini...

    sampeyan bintangnya apa yaa?
    hegheg... :P

    BalasHapus
  4. @4mrana,
    ane gak ngerti sob, hhe

    BalasHapus
  5. Untuk pelajaran tata surya nie gue paling suka :)

    BalasHapus
  6. @akbar,
    apa lg gue..

    BalasHapus
  7. Adrian Muhammad Ridwan9 Agustus 2015 pukul 11.54

    Kalau jumlah bintang di suatu galaks saja mencapai jutaan bahkan sampai triliun-an. Sedangkan diluar sana jumlah galaksi sekitar miliaran, bahkan sampai triliunan :roll:
    Subhanallah :D

    BalasHapus
  8. @Adrian Muhammad Ridwan,
    iyaa gan, maha besar allah

    BalasHapus
  9. yoga bayu anggana pratama22 Agustus 2015 pukul 12.48

    pasti banyak sob. mengingat banyak sekali bintang yang terlihat di bumi ini.. itu pun masih belum semua nya

    BalasHapus
  10. artikel yang sangat menarik sob. Jujur saya suka dengan luar angkasa, kaya gt dh pokony.

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai topik post di atas. Komentar copy paste, spam akan kami hapus !!