.

- HOMEPOPULER ADMIN

Symbian VS Android | Mana yang lebih baik ?

SYMBIAN VS ANDROID - selamat siang sobat. sesuai dengan judul posting saya di atas, saya akan mengulas sedikit tentang Operating Sisytem ( os ) yang kedua nya pernah menjadi raja os mobile.
Kita menyadari bahwa os symbian sekarang tinggal menghittung bulan untuk menjemput ajal nya. tanggal 1 januari 2014 secara resmi os symbian akan berakhir. maka tidak akan ada lagi ponsel symbian terbaru setelah nokia 808 pureview.
Dalam hati saya berfikir kenapa os sebagus symbian akan di tutup ?
Apakah karena adanya os Android, symbian di nilai gagal bersaing ? atau nokia mengalami kebangkrutan ?
Mari saya ulas sedikit mana yang lebih baik dari ke dua os tersebut.

android_sym.jpg

1. Kontrol Penuh Selama Aplikasi

Nokia Symbian OS menyediakan kendali penuh atas semua aplikasi. Aplikasi dalam perangkat Nokia Symbian tidak mulai berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan Anda seperti perangkat Android. Ada banyak aplikasi yang tidak diinginkan di Android yang berjalan di latar belakang dan Anda tidak bisa menghentikan mereka secara permanen tanpa menguninstall mereka.
Jika Anda sudah menjadi pengguna S60, maka Anda dapat mengerti lebih baik dengan menginstal 'Whatsapp' di perangkat Nokia S60. Anda akan melihat bahwa Whatsapp akan restart otomatis setiap kali ketika Anda akan menutup itu. Ini adalah masalah yang akan Anda hadapi untuk banyak aplikasi di Android. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi apapun maka tidak apa-apa untuk tetapi jika Anda tidak membutuhkan aplikasi dan bahkan jika kemudian mereka mulai berjalan, hal ini dapat mengganggu Anda. Tapi di perangkat Nokia S60, Anda memiliki kontrol penuh dari semua aplikasi.


Tidak juga.
Jika kita mempunyai kontrol penuh dengan aplikasi, kenapa muncul virus yg tidak bisa kita cegah di Symbian? Satu2nya solusi pada symbian bila antivirus tidak mampu membersihkannya adalah flash ulang.
Ini membuktikan bahwa pengguna symbian bisa mengontrol penuh aplikasi tidaklah benar.
Justru di Android bila ada virus, cukup dengan uninstall aplikasi, maka virus tersebut hilang.
Untuk aplikasi yg perlu data realtime, misalnya whatsapp, di symbian whatsapp juga harus hidup terus kok. Tidak bisa di exit, jadi tidak benar. Dan paket data akan hidup terus selama whatsappnya tidak dicut ke tempat lain.

2. Baterai Cadangan

Smartphone Nokia memiliki cadangan baterai lebih banyak dibandingkan dengan perangkat Android. Dan Anda akan perlu untuk mulai mencari tahu solusi untuk memperpanjang baterai Anda kembali pada perangkat Android. Jika Anda memiliki keraguan tentang hal ini, Anda dapat konfirmasi dari pemegang perangkat Android. Satu hal lagi mereka mengatakan bahwa perangkat Android memberikan begitu banyak fitur sehingga harus menggunakan daya baterai lebih. Pada titik ini, saya setuju, tapi bisa ada yang bilang saya mengapa perangkat ini mengisap kehidupan baterai kami dengan beberapa aplikasi yang tidak kita butuhkan? Dan bahkan jika mereka menyediakan lebih banyak fitur untuk mengisap baterai maka saya akan mengatakan bahwa mereka perlu melakukan beberapa pekerjaan pada memperpanjang masa pakai baterai juga.
Jadi, jika Anda selalu terhubung ke internet kemudian menyadari bahwa Anda akan perlu untuk mengisi ulang minimal perangkat, baterai dua kali sehari. Tapi semua Nokia Symbian perangkat tidak menggunakan daya baterai begitu banyak. Jika Anda ingin menggunakan smartphone untuk semua aplikasi yang berguna maka Anda harus pergi untuk Nokia OS Symbian perangkat, karena mereka juga memiliki semua aplikasi yang berguna dan dasar yang Anda butuhkan dan memiliki kehidupan yang lebih baterai untuk menggunakannya.


Kita harus fair dalam membandingkan.
Usia Nokia dg symbiannya sudah bertahun2, sedangkan android baru kemarin sore. Itulah penyebab baterai cadangan nokia lebih banyak dibandingkan Android. Tapi sekarang ini menggunakan baterai cadangan justru sudah KUNO.
Kenapa KUNO? Karena kita harus mencopot dan membuka handheld. mematikan dan menghidupkan HP. Sungguh sangat tidak praktis. Sekarang sudah banyak dijual charger portable. bahkan charger portable dengan tenaga surya yg ramah lingkunganpun sudah mulai menyebar.
Jadi, kebiasaan kuno dengan mencopot baterai bukanlah kelebihan dan jangan dibanggakan.

3. Memory Internal yang Cukup

Ini adalah hal terbaik tentang Nokia, saya menyadari hanya setelah beralih ke Android. Aplikasi yang sama, memiliki ukuran yang lebih besar untuk perangkat Android dibandingkan dengan perangkat Android. Dan karena itu, aplikasi yang sama membutuhkan sedikit memori internal Nokia smartphone Symbian untuk instalasi. Hal ini membuat memori internal yang cukup untuk menginstal aplikasi yang lebih di smartphone Nokia.
Sementara lebih dari 70% dari perangkat Android memiliki masalah rendah memori internal setelah menginstal beberapa aplikasi. Jadi, bahkan pada memiliki aplikasi yang tak terhitung Android Anda dapat menggunakan hanya beberapa pada satu waktu.


Di awal kelahirannya memang Android banyak yg menggunakan memori internal kecil, tapi sekarang sudah besar2 kok, minimal 1GB. Mungkin hanya HP2 android lokal yg masih kecil2.
Membandingkan haruslah yg setara. HP branded dg HP branded, jangan dg HP abal2.
HP symbian harganya berapa, bandingkan dg hp Android dg harga yg sama, berapa memori internalnya. Pasti lebih tinggi android.

4. Privasi dan Keamanan

Setelah semua, privasi Anda datang pertama! Apakah Anda ingin memberikan akses pesan pribadi Anda kepada orang lain? Sebagai Android adalah sebuah sistem operasi open source dan karena itu siapa pun dapat membuat aplikasi apapun dengan mudah. Jadi, sangat sulit untuk mengidentifikasi aplikasi untrusted. Aplikasi ini mungkin sangat berbahaya bagi privasi Anda dan dapat mencuri informasi pribadi Anda untuk penyalahgunaan.


Logikanya terbalik.
Justru anda tidak akan tahu program jahat apa yg berjalan dibackground pada aplikasi yg tertutup.
Di Android, karena open source, apabila ada orang yg memasukkan program jahat justru mudah diketahui.
Analoginya linux dengan windows. Mana yg paling banyak kemasukan virus? Oh ya, jangan salah, sekarang Symbian sudah menjadi open source loh kekekeke.

5. Tidak ada Data Biaya Diinginkan

Jika Anda memiliki rencana data pada perangkat Android Anda, maka aplikasi background banyak mulai mengisap data Anda juga, sama seperti baterai. Seperti banyak aplikasi mulai berjalan di latar belakang, dan beberapa dari mereka adalah aplikasi yang menggunakan data internet. Aplikasi ini akan mulai pengisian Anda biaya yang tidak diinginkan data. Tapi perangkat Nokia tidak menggunakan internet tanpa izin Anda. Mereka menggunakan data internet hanya bila Anda menggunakan aplikasi yang menggunakan data internet. Semua ini adalah fakta yang tidak bisa mengabaikan bahkan setelah meningkatnya popularitas perangkat Android. Jadi, saya tidak akan merekomendasikan Anda untuk pergi untuk perangkat Android atau perangkat Nokia. Saya hanya akan mengatakan bahwa hakim kebutuhan Anda dan kemudian memutuskan mana yang terbaik untuk Anda. Saya harap artikel ini akan membantu Anda untuk berpikir tentang Nokia smartphone sekali lagi.


Kembali ke point 1. Untuk aplikasi real time, baik di Symbian maupun android, akan sama2 menggunakan data internet terus menerus. Jika anda tidak percaya, installah aplikasi pushmail atau whatsapp atau facebook atau twitter, saya jamin aplikasi ini akan memakan data internet terus menerus. Masalahnya di symbian memang tidak diinstall aplikasi2 real time.

84 Responses to "Symbian VS Android | Mana yang lebih baik ?"

  1. NO SPAM.......!!!
    NO LINK......!!! atau tidak akan di tampilkan

    * ADMIN

    BalasHapus
  2. Hadir Sore gan ! kunbal ditunggu!

    BalasHapus
  3. Ahmads the changer2 November 2013 pukul 02.19

    wah y tu sob syang bnget kalo s60 mau kiamat , tp mu bgaimana lg n0kia aj dah dibeli microsoft ,kalaupun symbian msh ttep da psti dah dilempar jauh2 oleh microsoft windows.
    thnx info ny sobat, ,

    BalasHapus
  4. Absen Siang Gan.. Mantep Postnya Moga Sukses Terus Gan?? :-D

    BalasHapus
  5. hadir gan. java nyimak gan

    °*»99% NO LINK«*°

    BalasHapus
  6. bagus android bro.. :-)

    udah ku follow nih blog nya.. folback ya bro..

    BalasHapus
  7. . bagus android bro.. :-)
    . udah ku follow nih blog nya.. folback ya bro..

    BalasHapus
  8. @Ahsin TFox,
    pasti sob.

    BalasHapus
  9. @Ahmads the changer,
    microsoft kurang ajar sob.

    BalasHapus
  10. @budiyanto,
    thanks

    BalasHapus
  11. @MADMOR2,
    oke gaan

    BalasHapus
  12. @Satria Eckoe,
    okee kang

    BalasHapus
  13. @Rian wibowo,
    thanks

    BalasHapus
  14. Mantap sob... Selamat sore aja ya

    BalasHapus
  15. @Badai Fetir,
    thanks

    BalasHapus
  16. @REYNOL mah,
    met sore juga

    BalasHapus
  17. jadi, menurut admin, bagusan android apa symbian OS?

    BalasHapus
  18. Keren sob,java hanya bisa nyimak.
    Kunbal ya?

    BalasHapus
  19. yah symbian hampir punah


    hedeh gimana nih nasib symbianer

    BalasHapus
  20. kunjungan gan :D
    kalo belum follow silahkan follow gan, biar ane bisa kunjung terus postingan terbaru ente.

    BalasHapus
  21. hh ane china, tp gak kalah sama symbian maupun andro kelas wahid, tp dengan harga jauh dibawah keduanya, ane cukup puas dengan fitur setara andro kelas menengah,

    BalasHapus
  22. Arif YangTersakiti2 November 2013 pukul 02.55

    ribet bnget cuma mu coment.

    BalasHapus
  23. karena ga sanggup beli andro, symbianlah yang paling hebat..

    BalasHapus
  24. mantap gan lanjut terus, kunbal and follow ya, nanti d polbek

    BalasHapus
  25. nice post gan

    kunbal y ada postingan baru lho

    BalasHapus
  26. blog sudah saya follow gan

    BalasHapus
  27. memenuhi undangan sob. Oh ya follow sukses di tunggu follbacknya 2x24 jam. Tinggal di cek

    BalasHapus
  28. Iqbal Arizal Sulistia2 November 2013 pukul 03.12

    Ane pilih dua duanya gan :D

    kunbal ya!

    BalasHapus
  29. kunjungan sore pak, postnya mantap, lanjutkan

    BalasHapus
  30. Kunjungan sore sob nyimak artikel sobat yg berjudul Symbian VS Android | Mana yang
    lebih baik kunbal di klik3r.mwb.im

    BalasHapus
  31. saya vote symbian :D

    BalasHapus
  32. Mantap gan
    p0stmu sgat berguna

    BalasHapus
  33. hadir sob di tunggu kunbalnya y

    BalasHapus
  34. saya pilih symbian master
    nyimak saja master :twisted:

    BalasHapus
  35. Sesuai permintaan sobat ane hadir lagi sob,....

    Buat temen2 semua, ane undang untuk hadir diposting terbaru ane ea

    Sasori Vs Orochimaru

    BalasHapus
  36. hadir min.
    Saya pilih symbian yg simple.

    BalasHapus
  37. Sesuai permintaan sobat ane hadir lagi sob,....

    Buat temen2 semua, ane undang untuk hadir diposting terbaru ane ea

    Sasori Vs Orochimaru

    BalasHapus
  38. Andika McDevilStar2 November 2013 pukul 03.57

    kunjungan malam sob..
    Kunbal selesai

    BalasHapus
  39. Kunjungan malam min
    Susah juga untuk bilang yg lebih baik mana
    Menurut saya symbian min :)
    Kunbal y min ada new post soalnya

    BalasHapus
  40. Kunjungan malam min
    Susah juga untuk bilang yg lebih baik mana
    Menurut saya symbian min :)
    Kunbal y min ada new post soalnya

    BalasHapus
  41. Tetep mantap symbian.android ane msh aq pajang di k0nter terdkat cz bl0m ane tebuz wkwk

    BalasHapus
  42. 1.januari, akan tamat.. Hemm...
    Bagiku tetap Nokia, walaupun udah KUNO, tapi tetap.. Akan berjaya di tanganKu.. Hehehe
    Coba kita bandingkan, Hp symbian dan android. Jika di liat, sebagian besar rakyat MWB menggunakan Hp nokia, baik itu Java maupun symbian.. Itu membuktikan mudahnya nokia dalam mengoprasikan Internet.. Hehehe...

    BalasHapus
  43. Kunjungan malam gan. Postingan nya keren gan, mantab. Terima kasih sudah berbagi, kalau ada waktu mampir ke blog ku ya gan.

    BalasHapus
  44. java dihati :lol: kunbal sob

    BalasHapus
  45. Ane dukung android ah lebih canggih

    BalasHapus
  46. gx punya dua2nya jadi nyimak aja

    BalasHapus
  47. Dua duanya masih favorit....
    setiap versi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing.

    BalasHapus
  48. kunjungan malam minggu sobat.

    BalasHapus
  49. Kunjungan silaturrahmi om,postingan'a mantap.kalau ada waktu,silakan mampir ia :D hehe

    BalasHapus
  50. ya bagus PC lah :P , dan jangan lupa kunbal ada PEMBERITAHUAN SANGAT PENTING

    BalasHapus
  51. Wah , jadi pingin beli hp :-D !

    BalasHapus
  52. Download Anime Subtitle Indonesia2 November 2013 pukul 07.36

    mantep deh keduanya

    BalasHapus
  53. Saya salah satu pecinta symbian gan,,,
    saya juga sering pake andro,,,
    tapi saya akui,,kepuasan hanya ada di symbian,,,,

    sangat sayang kalau symbian lewat ;(

    BalasHapus
  54. iya mbh. . .maap ane gax ngijin doeloe. . .thanks

    BalasHapus
  55. iya mbh. . .maap ane gax ngijin doeloe. . .thanks

    BalasHapus
  56. вαgυѕ αяємαηια вυĻυĻαωαηg2 November 2013 pukul 10.47

    Ane berkunjung lg sob...jngn lp mampir lg ea

    BalasHapus
  57. salam knl aja

    BalasHapus
  58. kunjungan dini hari kawan..mantap tutornya jadi dapat ilmu lagi..thanks kawan

    BalasHapus
  59. kunjungan dini hari kawan mantap tutornya jd dapat ilmu lagi sukses selalu

    BalasHapus
  60. @Kenari paseh,
    oke gan. mungkin sudah terbiyasa dengan symbian. semoga ngak bosen2 aja kang.

    BalasHapus
  61. @BERXCO SUNDANESE,
    saya setuju kang..

    BalasHapus
  62. @Belajar SEO MWB,
    yap, betul sekali kang..

    BalasHapus
  63. @AziezStaffKwenk,
    kalau buat ane, Android kang

    BalasHapus
  64. Selalu hadir sob, yg java ng bsa apa2, izin nyimak aja..

    BalasHapus
  65. Jujur ane suka android sob. Tapi sayangnya ane ga punya :D hehe
    Jadi ane kalau masalah android dan symbian nyimak aja ya sob ;)

    BalasHapus
  66. Kunjungan sob.
    Symbian/android.

    Bagi ane semua mantap.
    Dari pada di suruh bikin sendiri.

    BalasHapus
  67. Ane blm prnh pake andro sob
    Msh bertahan dengan symbian jadul :D

    BalasHapus
  68. Ane blm pernah pake andro
    Msh pake symbian jadul sob

    BalasHapus
  69. opini yg bagus sob, tp bisa gak buat artikel lain selain menghina symbian...?
    Symbian itu lahir thun brapa?
    Dan android itu lahir tahun brapa?

    La koq motor JET-COLLET disama-samain dg VIXION...
    :(

    BalasHapus
  70. java mlongo wae deh :D

    BalasHapus
  71. makasih atas pemberitahuanya sob

    BalasHapus
  72. pilih ANDROID

    kunjungan perdana

    kunbal yaa (y)

    BalasHapus
  73. folback ya gan.
    ane juga pengguna s robot ijo :)
    biar bisa saling berbagi ilmu.
    berbagi itu indah :)

    BalasHapus
  74. symbian tetap ok ....
    Internet gratis (Ngebut)


    BalasHapus
  75. symbian v2 hadir.
    Symbian aplikasinya lebih luas

    BalasHapus
  76. Relawan Garuda Merah29 November 2014 pukul 01.30

    cingcoeg coeg , whatsapp symbian ada aplikasi buat exit whatsapp biar ga jalan terus , fak lu

    BalasHapus
  77. symbian dah tewas gan,,..

    BalasHapus
  78. Edy Vengeance 66618 November 2015 pukul 15.40

    wah kasihan bgnt yah symbian tpi knapa symbian mati ya ???

    BalasHapus
  79. parahnya lagi aplikasi bawaan symbian sprt roadsync, youtube dimatikan oleh pusatnya. Hadeeh... Kacau

    BalasHapus
  80. saya tegaskan. Tidak pernah ada yang namanya virus hp, soal hp symbian yang gagal boting, itu mudah ,hanya dngan melakukan 3 jari sudah selesai. Dan yang anda maksud virus ialah "anda tidaklah paham mengoperasikan symbian" dan anda kurang paham dngan cra kerjanya, tidak ada yang namanya virus. . Selama saya pake hp e63,c6-01,n8,ngage,66 . .saya tidak pernah mengalami yang namanya virus, adapun virus mungkin anda teledor dalam hal mengganti microSD,

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai topik post di atas. Komentar copy paste, spam akan kami hapus !!