.

- HOMEPOPULER ADMIN

15 Kelemahan Ponsel BlackBerry

BlankBerry - Perkembangan Blackberry smartphone di Indonesia sangat pesat. Hampir semua kalangan baik dewasa ,remaja hingga anak anak menggunakan handphone pintar ini. Baik karena fungsi yang terdapat didalamnya hingga hanya untuk sekedar bergaya. Namun di balik itu semua terdapat kekurangan yang di miliki oleh BlankBerry 8520.
bb-curve-8520.jpg

1. Layar / LCD super buram
Betul sekali, jika kita lihat kebanyakan BlankBerry tipe lama kedalaman / jumlah warna hanya 65.000 warna. Ini setara dengan nokia keluaran tahun 2004 ke bawah. Jika kita bandingkan dengan ponsel cina hampir semua ponsel cina sudah kedalaman warna di atas 250.000 warna. Mari kita bandingkan dengan smartphone nokia symbian dan Android lokal maupun branded yang kedalaman warna sudah 16.727.000 warna.

2. Game setara java
Jika anda pecinta games jangan memakai ponsel BlackBerry. Kenapa ? semua game di BlackBerry 8520 atau semua game di BlackBerry itu game kuno alias sertara game java. Jika kita bandingkan dengan games di nokia symbian jauh lebih baik. Apa lagi di bandingkan game di Android yang sudah HD yang kualitas setara game PSP. Berapa sih ukuran game di BB anda ? 1 MB ada ? 1 MB itu game kuno ! lihat lah game di Android yang mencapai ratusan hingga 2 GB.

3. Miskin Aplikasi
Jika kita lihat apps di appworld BlackBerry yang hanya mencapai 70.000 aplikasi saja. mari kita bandingkan dengan toko aplikasi Android yang sudah mencapai 800.000 aplikasi gratis maupun yang premium. Tentunya lebih berkualitas tinggi.

4. Tidak Punya Inovasi
Entah karena inovasi dari RIM yang kurang, atau memang kebutuhan pengguna yang tidak meningkat, BlackBerry jarang sekali melakukan inovasi signifikan pada setiap perangkat barunya. Berbeda dengan kompetitor, RIM seakan sadar betul bahwa tanpa perlu menambah kamera menjadi 10MP, atau kapasitas memori jadi 2GB, pengguna mereka akan tetap setia.
Lihat lah nokia 808 yang mempunyai inovasi tinggi, dengan kamera 41 MP + xenon flash.
BlackBerry anda masih 2 MP ? haha :p
Konsumen BlackBerry umumnya membeli BlackBerry jenis terbaru hanya karena faktor gaya saja. Jarang yang membeli BlackBerry karena prosesornya lebih canggih, atau kameranya lebih bagus, atau OS-nya baru (malah sangat sedikit di antara mereka yang tahu bedanya OS BlackBerry).

5. Fitur tidak berguna
BlackBerry bukan satu-satunya telepon seluler di dunia ini. Bahkan, BlackBerry bukan satu-satunya ponsel pintar. Hampir seluruh fungsi yang dijalankan BlackBerry dapat dijalankan juga di ponsel pintar lain. Telepon, SMS, email, jejaring sosial, kamera, merekam video, hingga mengedit foto bahkan bisa diproses dengan lebih baik di ponsel pintar lainnya. Sebut saja iPhone yang dapat mengambil foto dengan kualitas lebih tinggi. Dan Samsung Galaxy yang memiliki prosesor dengan kapasitas proses jauh di atas BlackBerry.

6. Spesifikasi rendah harga mahal
Masalah klasik BlackBerry adalah spesifikasi mesinnya yang terbatas. Untuk informasi, seluruh aplikasi di BlackBerry akan disimpan di dalam memori internal, bukan eksternal alias kartu memori.
Bayangkan sebuah mesin yang harus bekerja keras menjalankan begitu banyak aplikasi, namun hanya diberikan kapasitas otak kecil. Tak heran perangkat BlackBerry sering hang, dan kadang terasa panas.

Solusinya adalah mengutak-atik sistem operasi bawaan BlackBerry — dengan mematikan banyak fungsi dan sistem yang sebenarnya tidak dibutuhkan seperti pilihan bahasa, ringtone, dan software bawaan. Teknik yang lebih dikenal dengan nama “shrink OS” ini tidak mudah dilakukan sendiri. Salah-salah BlackBerry kamu bisa mati total.

BlackBerry kebanyakan menggunakan processor / cpu di bawah 624 MHz, hahaha. Lucu, mengenaskan. lihat lah ponsel Android lokal dengan cpu 1 ghz - 1.7 ghz mulai dari Dual core hingga octa core.

7. Jaringan sering bermasalah
Dua tahun lebih saya menggunakan BlackBerry sebagai perangkat utama, dua tahun pula saya harus berurusan dengan jaringan BlackBerry yang sering kali bermasalah. Entah siapa yang salah — operator lokal atau jaringan BlackBerry — komunikasi melalui BlackBerry Messenger kerap tersendat.

bbm3.jpg?w=584

Akibatnya, pesan yang saya kirim lambat sampainya, mengakses Internet pun susah bukan main. Email? Sering tidak masuk.
Padahal sebagai pengguna BlackBerry, koneksi Internet adalah tumpuan utama komunikasi. Tanpa Internet, apa gunanya saya pakai BB? Hampir tidak ada.

8. Semua benci Broadcast Message
Pernahkah Anda menerima BM berisikan “Test Contact, pls ignore.”, atau “Teruskan pesan ini jika tidak kamu akan melarat seumur hidup”, atau “Add temen aku yah, Joni, 21, ganteng!”?

Entah teknologi yang terlalu canggih, atau masyarakat Indonesia yang terlalu, ehm, kreatif. Fitur Broadcast Message yang memungkinkan Anda mengirim pesan ke seluruh kontak, sering disalahgunakan. Bagi beberapa orang, mungkin hal semacam ini lucu, tapi saya tidak.
Bayangkan bila 10 orang senantiasa terus- menerus mengirim pesan semacam ini setiap hari. Tidakkah kamu merasa terganggu?

9. Keypad qwerty hancur
Pada blackberry qwerty,spell check yang membantu pengecheckan kesalahan ketik HANYA dapat berjalan jika selesai diketik semua. Padahal kesalahan ketik seharusnya dapat kita check saat melakukan pengetikan.

10. Sistem Penyimpanan aplikasi kacau
Seluruh 3rd party software terinstall bersama pada memory internal, sehingga dengan memory internal (RAM) blackberry yang terbatas, tidak banyak software 3rd party yang dapat diinstall (terutama pada blackberry type lama), meskipun sudah tersedia software yang dapat memindahkan instalasi 3rd party software pada memory card – saat digunakan program 3rd party tetap di load di internal memory (RAM).

11. Software 3rd kacau
Software 3rd party yang terinstall tidak otomatis terbackup saat kita melakukan backup, harus dilakukan trick khusus untuk membackup 3rd party software ini. kecuali anda bersedia menginstall kembali 3rd party software setelah anda melakukan upgrade/ downgrade OS.

12. Tidak bisa di ajak gratisan
Buat menikmati layanan Blackberry pastinya perlu bayar, gak ada tuh trik - trik gratisnya apalagi BBM Handler :3. Dan biayanya kan beda sama biaya akses data biasa, tahu enggak kenapa begitu? Karena Blackberry memiliki jalur khusus yaitu BlackBerry Internet Service (BIS).

13. Browser bawan tidak sempurna
browser bawaan blackberry tidak sempurna menampilkan webpage ber- javascript dan animasi, bagi yang ingin menggunakan klikbca.com misalnya, harus menggunakan 3rd party software Mini Opera untuk mengatasi masalah ini.

14. Os tertutup
OSnya masih tertutup (bukan Open Source) jadi gak mungkin ada HP Nokia OSnya Blackberry :3 (hingga tulisan ini di tulis)

15. Fungsi rekaman native (voice recorder) berkemampuan jelek dan hanya mampu merekam 10 menit dan dalam format yang tidak umum (seperti mp3,wav dlsb), software pengganti belum banyak dan hanya VR+ dari shapeservice yang dijual cukup mahal (meskipun ada versi lite dengan keterbatasannya).

kenapa user blackberry di dunia hanya tinggal 2 % ?

hanya di indonesia saja yang masih banyak menggunakan bb. tapi lama kelamaan kita sadar mana yang java phone dan smartphone. itu lah sebabnya user bb semakin surut karena semua orang menyadari mana yang berkualitas dari segi apps dan hardware.

android_eats_bb_for_breakfast-scaled500.

42 Responses to "15 Kelemahan Ponsel BlackBerry"

  1. * mari pengunjung blig ini berikan komentar sesui post di atas...

    BalasHapus
  2. Satria Eckoe Informasi Bisnis31 Januari 2014 pukul 07.24

    selamat malam sobat, mantep buat kelemahan BB nya.. kalo kelemahan Andro apa ya??


    jangan lupa mampir & kalo sempet klik vote di blog ane ya sob...

    BalasHapus
  3. itulah sejak dulu gperngah pke bb :D:

    BalasHapus
  4. Ane dari dulu gx suka bb karna qualitas fto agak buruk.lbh enak android apalagi symbian bs di oprek sesukanya

    BalasHapus
  5. ane jd tau nich, kalau bb tuch miskin aplikasi! Mantap gan! :-D

    BalasHapus
  6. dari pada bb mending nokia e63 aja lah.. Haha

    BalasHapus
  7. Aku hobi baca sob. Kalau suatu tulisan itu emang ada ilmunya, bermanfaat, saya tidak akan merugi meluangkan beberapa jam untuk membacanya. Namun, terkadang dalam urusan blog walking, ada urusan mendesak di dunia nyata. Seperti tadi siang keburu jumatan, misalnya, saya preoritaskan yang jumatan dulu tentunya. Tapi kebanyakan aku pasti baca. Aku kutu buku dan cinta pertamaku adalah ilmu. :D

    BB atau OS sebenarnya itu masalah selera ya sob. Kalau aku dari dulu emang gak minat BB. Ya, selain faktor uang juga karena firasat. Pasti nanti ada yang lebih bagus dari itu dan harganya terjangkau. Begitu pikirku. Dan benar saja sekarang aku merasa BB tuh tidak sebaik dalam peningkatan fiturnya.

    Aku masih bertahan denga OS. Kenapa harus ganti? HP ini aja aku rasa sudah cukup.
    Asalkan bisa mengoptimalkan pastinya akan berguna. Hehehe...

    Maaf jadi ceramah. Oke, gitu aja. Salam tulus persahabatan.

    BalasHapus
  8. Ternyata banyak juga kelemahan blackberry tadinya saya pikir blackberry hp yang super canggih di atas hp lainnya

    BalasHapus
  9. S40 nyimak sob? :-D mantap info'a

    BalasHapus
  10. Saya tertarik dngan artikel symbian vs andrid..

    BalasHapus
  11. YᎾCe Mobile Blog31 Januari 2014 pukul 12.52

    bener bget s0b. makanya aku ga trtarik sm BB,

    BalasHapus
  12. bb miskin aplikasi :D

    BalasHapus
  13. Lebih baek Android ajja sobat

    BalasHapus
  14. Kunjungan pagi br0w, s0ry telat hadirnya :-)

    Di indo masih mau gunain BB c0z gk bs beli hp baru s0b,...
    kunbal ya

    BalasHapus
  15. dari dulu aku sih tidak ada yang suka dengan ponsel blackberry. Aku lebih suka dengan SONY

    BalasHapus
  16. Selamat pagi...saya setuju pengguna bb cendrung ke trend dan gaya hidup.sob. Ciee hehe...,lagian aplikasi bbm skrg bnyak brtbran tanpa harus punya bb

    BalasHapus
  17. @Mang aep,
    bb jadi ga berguna! !

    BalasHapus
  18. @Lindhu Junior,
    gppa bro..

    BalasHapus
  19. @MADMOR 2,
    ngak hanya mislin aplikasi, game & inovasi. tapi hampir semua miskin..

    BalasHapus
  20. @Illhamet,
    Android semakin maju !! sip bro

    BalasHapus
  21. korban bb melapor sob.
    Masta stuju bngt ttg penjelasan d atas khususna buat pengguna bb yg sngt merugikan.
    Kunbal y bos,Lanjut . .

    BalasHapus
  22. jadi bb seperti itu..

    BalasHapus
  23. Kunjugan mas om

    BalasHapus
  24. jd ngk pngen bli bb jd y nh

    BalasHapus
  25. Aku juga gak suka andro gan ... Mndngan andro

    BalasHapus
  26. V2 ada gan , Memenuhi undang agan :roll:

    buat yg di ats nice post gan. . . .
    Jika brkenan follow ya blog aq , lw udah follow lpor di c0men ntar ane follback k0q

    BalasHapus
  27. Apapun Hpnya, yang penting gratisannya + manfaatnya saja sob, hehehe.... ;-)

    BalasHapus
  28. menang andro

    BalasHapus
  29. Ahmads the changer31 Januari 2014 pukul 20.35

    knjungan siang sobat
    wah black bery salah langkah nih, waktu diatas malah g buat in0vasi apa2 waktu dibawah tinggal tunggu matinya. . .


    thnx info ny sob

    BalasHapus
  30. wow, mazing,
    Brati symbian gk jelek* amat, :oops:

    BalasHapus
  31. untung pake samsung

    BalasHapus
  32. untung ane pake android

    BalasHapus
  33. Waduh ane sedikit tersinggung Kawan,masa game java dibilang kuno sih :-(,Ane java jadi malu nih

    BalasHapus
  34. Wah ternyata BB itu hp jelek....

    BalasHapus
  35. Ayatulah alhusaini1 Februari 2014 pukul 00.17

    Hdir sob...nyimak ane gak punya bb..

    BalasHapus
  36. Ancur bgt black bary itu, makanya aku lebih suka nokia

    BalasHapus
  37. NEWS UPDATE Berita Terbaru1 Februari 2014 pukul 00.38

    kalo sekarang sih bb memang kalah dr andro. mending pake andro, kalo cuma mau bbman andro juga udah dukung bbm…

    BalasHapus
  38. NEWS UPDATE Berita Terbaru1 Februari 2014 pukul 00.41

    wah banyak banget ya kekurangannya

    BalasHapus
  39. :cry: Mengagumkan.. Blackberry.

    BalasHapus
  40. Keren info nya gan

    BalasHapus
  41. Dasar goblok server bb itu canggih ,, si penus asal aja,, enkripsi data gakadayg punya selain bb ,,

    BalasHapus
  42. bb jelek , bb di sadap noh di negara asalnya

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai topik post di atas. Komentar copy paste, spam akan kami hapus !!