.

- HOMEPOPULER ADMIN

Benarkah BlackBerry CDMA Lebih Unggul ?

BlackBerry CDMA - pada dasarnya BlackBerry GSM dan CDMA itu tidak ada bedanya. kecuali jaringan nya dan mungkin os nya. yang namanya GSM dan CDMA sudah berbeda teknologi nya, jadi mungkin perbedaanya hanya terletak pada jaringanya saja. pada kesempatan malam hari ini saya akan mengulas sedikit tentang BlackBerry CDMA yang saya dengar banyak juga kelebihanya di bandingkan BlackBerry GSM. Lantas apa benar BlackBerry CDMA itu lebih bagus dari pada BlackBerry GDM ?

Tapi, untuk harga jualnya di pasaran cenderung murah BlackBerry CDMA, dikarenakan ponsel ini biasanya hadir dengan paketan bundling operator. Jadi sudah mendapat subsidi dari operator bersangkutan. Hanya saja, biasanya BlackBerry ini sistem nomor kartunya dikunci (locked), khusus untuk digunakan layanan operator pem-bundling. Jadi, tak bisa dipakai untuk kartu CDMA lainnya. Dan juga, biasanya model kartunya inject, alias nomor tanam, bukan model SIM card biasa.

BLACKBERRY-8330-CURVE-CDMA.jpg

Untuk ukuran kekuatan jaringan, memang sih coverage GSM jauh lebih luas dibanding CDMA, khususnya operator GSM yang sudah lama dan memiliki banyak pelanggan. Namun, kemampuan datanya bisa dibilang hampir setara. Bila GSM punya 3G/HSDPA maka di CDMA ada EV-DO. Bahkan, di Smartfren sudah level EV-DE Rev.b, sebagai kelanjutan Rev. A, dengan kecepatan akses yang lebih handal.

Perangkat/device yang dipakai di BlackBerry CDMA pun sejatinya tak jauh beda, baik disain maupun dukungan fiturnya. Misal, BlackBerry Gemini 8520 (versi GSM) memilik saudara kembar dalam varian CDMA, yakni BlackBerry Aries 8530.

Pada kesempatan malam hari ini saya akan menampik semua kelebihan BlackBerry CDMA di bandingkan GSM yang banyak beredar di internet ini

Koneksi Lebih Cepat CDMA

kelebihan selanjutnya adalah akses yang cepat, karena banyaknya pengguna Blackberry gsm yang mengeluhkan tentang lemotnya blackberry mereka, menjadikan banyak orang mulai beralih ke Blackberry cdma yang sampai saat ini masih terkenal dengan aksesnya yang cepat, tidak pending dan tentu saja menjadikan berita baik bagi para anti lemot.

Tidak juga.
Mungkin BlackBerry sudah takdir nya kalau lemot. jutru jaringan GSM itu lebih cepat dan stabil dari CDMA karena jaringan GSM sangat luas dari pada jaringan CDMA. kita lihat saja paling tercepat yaitu CDMA2000 3xRTT – 3xRTT sebuah standar IMT-2000 (3G) yang disetujui ITU. Ia adalah bagian dari apa yang disebut ITU sebagai IMT-2000 CDMA MC. Ia menggunakan spektrum 5 MHz untuk memberikan kecepatan data berkisar antara 2 hingga 4 Mbps saja.
Bandingkan dengan

HSDPA
High Speed Downlink Packet Access. Sering disebut 3,5G karena kemampuan downlink yang lebih tinggi dari 3G yaitu hingga 7.2 Mbps (upload 384 kbps). Namun kecepatan data setinggi ini terpaksa dilakukan dengan mengorbankan coverage signal yang jauh lebih pendek dari normalnya coverage GSM. Kecepatan HSDPA 3.5 G adalah sebesar 7.2 Mbps downlink speed, dan 384 kbps uplink speed. Dan ada yang hingga 14.4 Mbps.

Perkembangan kecepatan internet ponsel semakin dahsyat saja. Itu karena dimasa datang akan ada teknologi 4G yang diklaim sanggup mencapai kecepatan yang tak terbayangkan, 100Mbps bahkan 1GBps! Tapi sekarang, kita kenali dan pahami dulu koneksi saat ini, mulai dari GPRS sampai HSUPA.

Tarif Paket Lebih Murah

jika tarif paket blackberry pada kartu gsm terkesan mahal, maka untuk pengguna blackberry cdma hal itu tak jadi soal, karena paket pada blackberry ini terhitung murah, paket yang ditawarkan oleh smart fren untuk paket blackberry adalah 67.000 untuk paket unlimited yang biasanya 99.000 pada kartu gsm

Tidak Juga
Lihat saja paket Blackberry 3 tri dengan tarif 125 ribu per 6 bulan merupakan paket blackberry paling murah saat ini. Hal ini tentunya jika di bandingkan dengan paket blackberry yang lainnya. Paket Full Service dari 3 tri ini adalah unlimited jadi anda bisa menikmati paket blackberry murah ini sampai dengan 6 bulan penuh, tanpa harus mendaftarkan lagi sampai 6 bulan berikutnya.

Paket+BlackBerry+3+-+Tri+125+Ribu+6+Bula

6 Bulan Baru BlackBerry Full Service + 200 MB/bulan setiap bulannya bisa untuk menonton youtube, steaming atau modem. Murah bukan ? Berarti dengan hanya 125 ribu kita bisa mendapatkan keuntungan mulai dari bonus kuota 3 tri yang kita dapat setiap bulannya, di tambah lagi fasilitas blackberry full service selama 6 bulan tentunya. Semua layanan ini tanpa perlu di perpanjang, jadi setelah membeli paket blackberry murah ini, akan otomatis di perpanjang selama 6 bulan penuh.

Jadi menurut saya BlackBerry CDMA lebih baik dari pada BlackBerry GSM itu belum tentu kebenaranya. Mungkin kelebihan BlackBerry CDMA itu harganya yang sangat murah di bandingkan yang GSM. Kita lihat saja kembaran ponsel BlackBerry 8520 GSM dengan BlackBerry 8530 CDMA yang dari segi desain dan spesifikasinya hampir sama, namu saay ini harga bekas nya selisih di atas 300 rb an lebih mahal yang BlackBerry GSM.

33 Responses to "Benarkah BlackBerry CDMA Lebih Unggul ?"

  1. Lebih unggul andro menurut saya gan,,,blackberry kelebihannya BBM doang,,,!!!

    BalasHapus
  2. kunjungan rutin sob..
    Mantap sob BB nya..

    BalasHapus
  3. Android yang paling boros btrenya gan he :D

    BalasHapus
  4. hmm, tau ah,
    yg pnting symbian € gretongny msih jlan, blum mau slingkuh,
    hehe, tp mkasih artikelnya.

    BalasHapus
  5. Kunjungan rutin sob, artikelnya bagus... TOP :-)
    .
    .
    Maaf saya telat!!!

    BalasHapus
  6. JAVA HADIR SOB

    BalasHapus
  7. JAVA HADIR SOB

    BalasHapus
  8. Dari dulu pengen beli BB gak keturutan gan... Hemm

    BalasHapus
  9. weis mantap gan, postnya slalu keren,, ane pilih BB yg GSM dech :-D

    BalasHapus
  10. handphone samsung nyimak aja ya gan..

    BalasHapus
  11. Post Bagus Sob :-)

    BalasHapus
  12. Kunjungan malam

    BalasHapus
  13. @Iphin,
    sama sob

    BalasHapus
  14. saya kurang suka blackbery sob :)

    BalasHapus
  15. Kalo Ane gak masalah mana yang lebih unggul,yang penting punya,tapi sayangnya Ane gak punya hehehe

    BalasHapus
  16. Sandhi Ext Zona Game Hacked27 Januari 2014 pukul 14.36

    BB emang fitur nya bagus,,, cuma mahal,, tapi ane belum minat ama BB, tetep setia ama nokia,, :D

    izin follow blog sobat, jika berkenan follow balik ya,,

    BalasHapus
  17. Hadir sob maaf telat

    BalasHapus
  18. Garyo Lirik TTpod TerUpdate27 Januari 2014 pukul 16.20

    Cuma bisa meramaikan saja bro ashari.. Met beraktifitas saja

    BalasHapus
  19. Good Morning Brothers ;)

    BalasHapus
  20. Saya lebih menyukai BB GSM sob..
    Selain nyaman, dan memang kebutuhan dari gsm tersebut lebih banyak penggunanya. Maksudnya bukan dari segi hpnya, melainkan deri segi pemakai dari kartu simcardnya tersebut ;-)

    BalasHapus
  21. Sekali pegang BB milik sepupu ane, ane langsung nggak tertarik sob :D

    BalasHapus
  22. android hadir kang

    BalasHapus
  23. NEWS UPDATE Berita Terbaru27 Januari 2014 pukul 20.26

    saya lebih suka yg gsm

    BalasHapus
  24. Kunjungan rutin master
    Nyimak saja ke blogku... :D


    Ditunggu kunbalnya

    BalasHapus
  25. info yg menarik sob, maaf telat sob xl lg error di tempat ane nh

    BalasHapus
  26. siang master
    :)
    Nokia E63 nyimak aja :D

    BalasHapus
  27. nyimak aja sob. maaf telat, ditunggu kunbalnya...

    BalasHapus
  28. maaff telat nih s,wahh post yg sip s,topp dahh,thengkyu ya,sukses buat u.

    BalasHapus
  29. Nyimak gan.. Ini kunjungan pertamaku.. Jangan lupa kunbal ada post : kampak sakti episod 4 karangan saya bila agan berminat kita saling follow yuk bila sudah follow lapor,nanti tak folback

    BalasHapus
  30. Kunjungan sore om

    Ditunggu kunbalnya ah

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai topik post di atas. Komentar copy paste, spam akan kami hapus !!