.

- HOMEPOPULER ADMIN

Ujian Kompetensi Kejuruan Otomotif SMK 2014

MOHON DOA - selamat pagi semuanya pengunjung setia di blog yang sangat sederhana ini. Tak terasa sekarang bulan Januari hampir usai dan akan memasuki bulan Februari. Sudah tak terasa saya sekolah di smk di kota saya selama 2 ½ tahun dan sekarang tiba waktunya untuk mulai fokus terhadap Ujian Praktek Kejuruan dan Ujian Nasional 2014.

Saya adalah salah satu siswa SMK di suatu kota saya. Saya mengambil teknik Kendaraan ringan otomotif. Jujur saya dalam urusan otomotif saya tidak terlalu cerdas dan bisa di bilang masih mempunyai banyak kekurangan di bidang dunia otomotif. Dan saya sebenarnya bukanlah orang pecinta otomotif, tidak tahu kenapa dahulu saya bisa masuk telnik otomotif.

Pagi ini saya hanya minta doa dari kalian semua pengunjung dan keluarga besar MyWapblog agar Ujian praktek otomotif saya berjalan dengan lancar, di beri kemudahan untuk melaksanakan praktek dan tidak ada halangan sedikit pun dalam menjalankan ujian ini. Tentunya tidak hanya doa saja, tapi usaha dari saya yang keras semoga dapat membuahkan hasil yang maksimal. Adapun ujian terbagi dalam 3 tahap, untuk jadwal tahap pertama saya alan di laksanakan pada :

• Hari / TGL : Sabtu, 1 Februari 2014
• Jam : 10.00 - 17.000
• Tempat : Bengkel Otomotif di SMK 2

Nanti akan terdapat 5 Job dan masing-masing di bagi 1 job dan bergantian.

DAFTAR JOB PRAKTEK

1. TUNE UP MESIN

Tune-up merupakan servis yang paling sering dilakukan dibandingkan dengan jenis servis mobil yang lain, seperti overhaul, spooring- balancing, dan kenteng magic (ketok magic). Tune-up merupakan servis yang bertujuan untuk mengembalikan tenaga motor agar sesuai dengan standarnya. Jadi, tune-up merupakan servis penting sebuah mobil sebelum servis lainnya.

Foxx(075).jpg

Ini merupakan bagian yang paling menakutkan , paling susah , rumit hingga Ledakan mesin yang keras, hingga kesetrum ketika menyetel platina membuat ku merasa was-was ketika memegang mesin ini.
Tune up meliputi :

A. Memeriksa Air Radiator
B. Memeriksa Oli Mesin
C. Kondisi Visual Mesin
D. Menghidupkan Mesin
E. Bunyi Mesin
F. Loncatan Bunga Api
G. Getaran Mesin
H. Asap Knalpot
I. Platina & Distributor
J. Katup
K. Pengapian

2. Perbaikan Sistim Transmisi

Transmisi adalah komponen pada kendaraan yang mengubah tenaga dan kecepatan dari mesin agar disesuaikan dengan kebutuhan pengendaraan.

macam+transmisi.jpg

3. OVERHAULL

alasan+mobil+turun+mesin.jpg

1. Lepaskan pemegang tutup mesin dan lepaskan tutup mesin.
2. Keluarkan pada radiator dan blok silinder.
3. Keluarkan oli mesin.
4. Keluarkan aki.
5. Lepaskan saringan udara bersama rumalmya.
6. Buka kabel gas dan cuk karburator.
7. Lepaskan pipa bensin melalui sambungan pada saringannya.
8. Lepaskan selang masuk heater (pemanas) pada saluran isap
9. Lepaskan kawat primer dan tegangan tinggi pada distributor.
10. Lepaskan thermosensor air. 
11. Lepaskan kabel-kabel motor starter dan switch tekanan oli.
12. Kendorkan klem selang, setelah itu lepaskan selang radiator dan bawah dari radiator dan pompa air.
13. Lepaskan air.
14. Buka baut tangkai, srtelah alternator dan copot tali kipas. setelah itu lepas atau copot altemator.
15. Lepaskan dudukan alternator.

4.SISTIM KELISTRIKAN

Sistem kelistrikan body adalah instalasi dari berbagai rangkaian penerangan pada kendaraan. Rangkaian sistem kelistrikan body tersebut, antara lain sistem penerangan lampu kepala, lampu kota, lampu tanda belok, lampu hazzard, lampu plat nomor, lampu rem, dan lampu mundur. Fungsi Sistem Kelistrikan Body Fungsi sistem kelistrikan body adalah sebagai penerangan pada kendaraan untuk memberikan tanda-tanda kepada pengendara lain pada saat akan membelok maupun akan berhenti sehingga pengendara akan aman dari kecelakaan. selain itu, juga untuk memberikan indikator pada pengendara contoh lampu tanda belok ke kanan ataupun kiri sudah menyala, kondisi bahan bakar masih banyak atau sudah habis dan lain-lain.

pengapian-konv1.jpg

5. MOTOR STARTER

Fungsi motor starter adalah untuk memutarkan fly wheel pertama kali sehingga mesin dapat hidup.
Dengan menggunakan motor starter maka akan lebih efisien daripada menggunakan tenaga manual (tenaga manusia). Komponen-komponen Motor Starter

komponen-motor-starter2.png

bagian2-motor.png

Seperti yang terlihat pada gambar :

1. Tuas pengungkit
2. Kopling
3. Terminal 30
4. Brostle
5. Armature
Kumparan medan
6. Kumparan medan
7. Belitan penahan
8. Belitan penarik
9. Main switch
10. Main gear

Itulah sedikit wawasan dan ilmu yang dapat saya bagikan dan semoga sangat bermanfaat bagi para pembaca dan pengunjung blig ini. Tentunya sekali lagi jangan lupa doa nya buat saya, agar saya dapat menjalankan ujian praktel beson dengan mudah, lancar tanpa ada masalah.

Editor By; As'hari Putra

42 Responses to "Ujian Kompetensi Kejuruan Otomotif SMK 2014"

  1. smoga berhasil gan.
    kunbal ditunggu

    BalasHapus
  2. Semoga sukses ujuannya sob,.
    Oiya,.ditunggu juga folbacknya ya:grin:

    BalasHapus
  3. Saya akan menyambung Do'a buat sobat...

    Jadilah Otomotif'ers yang sejati dan terbaik.
    Dan jadikan otomotif Indonesia sebagain otomotif'ers yang bisa mendrobak luar negri !!!

    BalasHapus
  4. Iphin Totet to Dung30 Januari 2014 pukul 19.47

    Saya dengan penuh kerendahan hati mendoakan semoga Mas dapat melalui ujian ini dengan hasil terbaik. Lulus dan bisa mengamalkan ilmunya untuk membangun bangsa. Amin.

    BalasHapus
  5. Saya do'akan semoga ujian nya lancar. :)

    BalasHapus
  6. Semoga sukses dengan ujiannya gan

    BalasHapus
  7. saya kgak ngerti gan.. Bkn jrusan otomotif.. Hehe

    BalasHapus
  8. Semoga sukses aja sob
    Ane anak TKJ

    BalasHapus
  9. Update bagus ni pak, semoga berjalan lancar

    BalasHapus
  10. Semoga ujiannya lancar Kawan,dan Terima Kasih untuk 5 info otomotifnya Ya.

    BalasHapus
  11. Masih belum paham soal otomotif sob.

    BalasHapus
  12. doa'in ane juga ya sob.
    ane kejuruan multimedia

    BalasHapus
  13. ASTRADA Movie And Musik30 Januari 2014 pukul 21.58

    anak anak muda indonesia yang kreativ

    BalasHapus
  14. @Metal Corp,
    amin sob.. aku doain

    BalasHapus
  15. @Iphin Totet to Dung,
    terimakasih banyak..

    BalasHapus
  16. Hahaha hadapi sob.. Semoga lancar dengan ujiannya dan mendapatkan hasil yang memuaskan
    kunjungan siang
    kalo berkenan kunbal ya

    BalasHapus
  17. Absen sob

    BalasHapus
  18. banyak juga ya sob ujian nya , moga lulus dg hasi memuaskan sob

    BalasHapus
  19. ane ambil RPL gan, lagian juga masih kelas 10

    BalasHapus
  20. Murid2 Smk N2 Kra memang hebat2 . Aku punya bnyK temen kerja jg dari smkn2 perekrutan besar2an th 2010. Tp sayang mereka cuma krywn kontrak. Sy doakan ujianmu lancar dan lulus. Dan cita2mu jd pelayaran berhasil. Oke.

    BalasHapus
  21. semangat terus sob, saya yakin kamu akan jadi mekanik yang handal

    BalasHapus
  22. Sama sob saya juga jurusan Otomotif TKR Kelas 2. Materi kelistrikan Motor stater

    BalasHapus
  23. amin.. Moga sukses sob..

    BalasHapus
  24. Semoga sukses ea gan amien,,,???

    BalasHapus
  25. Selamat sore brother,
    keren postnya

    BalasHapus
  26. saya tidak ngerti masalah otomotif gan, jadi saya doa in aja semoga berhasil

    BalasHapus
  27. Nice post master..
    Nyimak saja keblogku


    :roll: By Erlangga

    BalasHapus
  28. Semoga berhasil sob?

    BalasHapus
  29. Kunjungan sore br0w, s0ry hadirnya telat,...
    Ane nyimak ae br0w, mw bl0gwalking dulu :-)


    mampir ya, ada NARUTO SHIPPUDEN Episode 348 sub indo

    BalasHapus
  30. semoga sukses min,, :-)

    BalasHapus
  31. Semoga sukses bro dan bs membuat m0bil nasional bangkit

    BalasHapus
  32. anak iis nyimak aja master :)

    BalasHapus
  33. menambah wawasan sekali nih artikel :D , di tunggu kunbal nya

    BalasHapus
  34. Semoga lulus ujian sob :D

    BalasHapus
  35. Saya dah follow blog sobat...
    Silahkan di cek...
    ditunggu follback nya...

    BalasHapus
  36. Hei Bjf8rn! Artig e521 Januari 2015 pukul 01.40

    Hei Bjf8rn! Artig e5 se livstegn. Jeg er pe5 Gran Canaria og vamrer opp ff8r Tyrkiatur, er hos min datter. Jeg rakk ikke e5 hilse pe5 ff8r du kastet loss, men antar du har det bra. Ernst er i be5ten og pusser teak. He5per du fe5r en flott tur og koser deg. Hils Benedicte ne5r du prater med henne. God tur fra Randi av Aurora Borealis

    BalasHapus
  37. doa'in saya ya. hari ini saya mau ujian kompetensi di smk pembina palembang. . doa'in ya. . .trimah kasih

    BalasHapus
  38. hmmm moga sukses sob...sya jga dri smk kejuruan nih jga mau ujian kompetensi hri senin

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai topik post di atas. Komentar copy paste, spam akan kami hapus !!